::Gedung Sekolah:: ::Logo SMAPTeA:: ::A. Hamdan M.::

Selasa, 17 Oktober 2017

RPP Fisika-ku 6




G.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (3JP)
IPK : 3.2.1Mendaftar  besaran-besaran  Fisika beserta satuan dan alat ukurnya
3.2.2. Menjelaskan pentingnya pengukuran dan cara penggunaan alat ukur
Pendahuluan ( 20menit )
1.      Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam.
2.      Guru mengajak peserta didik berdo’a bersama sebelum pembelajaran dimulai.
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi pembelajaran.
4.      Guru menyampaikanapersepsidalambentukpertanyaan yang memotivasi
5.      Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok ( max.4 siswa )
6.      Guru membagikan LKS

Kegiatan Inti ( 90menit )
1.      Pesertadidik untuk mengamati aktivitas yang menggambarkan pengukuran dan alat ukur yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dari berbagai sumber, seperti pasar, pom bensin, supermarket, dsb.
2.      Peserta didik mengamatikemasan yang tersedia/ merekabawadan mengisi Tabel pengamatan pada LKS mengenai nama besaran, alat ukur, cara mengukur berdasarkan informasi yang tercantum pada kemasan.
3.      Pesertadidikmencari informasi dan mengisi tabel nama besaran, alat ukur, cara mengukur, dan satuan yang digunakan secara individu, termasuk  yang berlaku di daerah setempat (misalnya: untuk ukuran massa: mayam di Sumatera Utara, untuk ukuran panjang: tumbak di Jawa Barat).
4.      Peserta didik membandingkan tabel dengan tabel peserta didik lainnya dan mendiskusikan tabel, merangkum (dalam satu kelompok).
5.      PesertadidikmendiskusikandanmenarikkesimpulanmengenaiBesaran, satuandanalatukurnya.
6.      Setiap kelompok menyajikan hasil diskusinya di depan kelas, sementara kelompokyang lain memperhatikan dan memberikan tanggapan terhadap apa yang telah dipresentasikan.



Penutup( 25menit )

1.      Guru membimbing peserta didik untuk merangkumdanmenarik kesimpulanakhir dari kegiatan pembelajaran hari ini.

2.      Besaran dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu besaran pokok dan turunan

3.      Dibutuhkan satuan yang dapat diakui secara internasional

4.      Pentingnya peranan satuan dalam kehidupan sehari-hari.
5.      Guru memberitahukan Tugas untuk pertemuan selanjutnya berupa tugas literasi mengenai cara penggunaan alat ukur: mistar, jangka sorong, mikrometer skrup.
6.      Guru menutupkegiatanpembelajarandengansalam.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar